fungsi manajemen

Catat, Inilah 5 Fungsi Manajemen yang Jarang Diketahui

Menilik dari pengertian manajemen dari para ahli di atas maka dapat disimpulkan bahwa manajemen merupakan proses sosial yang melibatkan tanggung jawab perencanaan dan regulasi.

Semua tanggung jawab tersebut bertujuan untuk proses operasi yang efektif dan efisien demi memenuhi tujuan yang diberikan.

Baca Juga: Kedutaan Jerman di Jakarta

Manajemen merupakan proses dinamis yang terdiri dari berbagai macam elemen kegiatan. Mulai dari pemasaran, keuangan, pembelian dan lain sebagainya.

5 Fungsi Manajemen yang Jarang Diketahui

Kegiatan ini juga umum terlepas dari tingkat atau statusnya George & Jerry memetakan empat fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian. Jika dijelaskan lebih lanjut, maka keempat fungsi tersebut adalah sebagai berikut :

 

  1. Perencanaan

Perencanaan merupakan fungsi dasar manajemen. Kaitannya adalah membuat rencana untuk tindakan di masa depan serta memutuskan terlebih dahulu tindakan mana yang tepat.

Supaya tercapai tujuan yang telah ditentukan. Adanya perencanaan merupakan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

Perencanaan adalah penentuan arah tindakan untuk mencapai tujuan. Untuk membuat rencana, perlu pemikiran yang sistematis mengenai teknis dan cara mencapai tujuan.

Dibutuhkan rencana yang tepat dalam memanfaatkan SDM dan sumber daya lainnya. Fungsinya untuk menghindari resiko serta pemborosan.

  1. Pengorganisasian

Fungsi fungsi manajemen lainnya adalah tentang organisasi, di mana di dalamnya terdapat proses menyatukan berbagai macam sumber daya supaya produktif. Beberapa proses di dalamnya adalah, pertama klasifikasi pengelompokan kegiatan. Kedua penugasan ke masing-masing sumber daya, ketiga delegasi otoritas dan penciptaan tanggung jawab. Keempat adalah koordinasi hubungan otoritas dan penanggungjawab.

  1. Penempatan

Menempatkan sumber daya sesuai tempatnya fungsinya adalah menjaga supaya struktur organisasi dapat bertahan. Kepegawaian sangatlah penting apalagi ditambah dengan kemajuan teknologi, perluasan bisnis dan perilaku manusia yang kompleks. Tujuan dilakukannya penempatan dalam manajemen supaya orang dapat berada di tempat yang tepat.

Dalam penempatan ini ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pertama mencari, memilih orang di posisi yang tepat. Kedua pelatihan, ketiga remunerasi, keempat penilaian kerja dan terakhir adalah promosi jabatan.

  1. Pengarahan

Fungsi manajerial yang lainnya adalah mengarahkan yang tujuannya untuk menggerakkan metode organisasi untuk bekerja secara efisien.

Fungsi ini dianggap sebagai kunci dari kehidupan perusahaan yang menggerakan tindakan setelah pada ketiga fungsi sebelumnya. Arahan merupakan aspek manajemen yang langsung mempengaruhi orang, membimbimbing, mengawasi dan memotivasi.

  1. Kontrol

Manajemen juga memiliki fungsi kontrol yaitu pengukuran pencapaian terhadap standar koreksi demi menghindari terjadinya penyimpangan.

Tujuannya adalah mengendalikan dan memastikan bahwa semua proses terjadi sesuai dengan standar yang telah direncanakan. Sistem kontrol yang efisien akan membantu terjadinya penyimpangan sebelum terjadi.

Ada beberapa langkah kontrol atau pengendalian yang bisa diterapkan yaitu pertama penetapan kinerja sesuai standar. Kedua pengukuran kinerja aktual,

ketiga membandingkan kinerja aktual dengan standar dan mencari tahu jika terjadi penyimpangan. Keempat adalah mencari tindakan untuk memperbaiki ketika muncul penyimpangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *