podcast

Sebelum Menciptakan Podcast, Ketahui Info ini

Apabila kalian ingin mengupload juga ke aplikasi Spotify milik kalian, hal tersebut bisa juga dilakukan dengan menggunakan Anchor, kalian dapat dengan secara mudah untuk menyebarkan podcast yang tadi telah dibuat agar masuk ke dalam Spotify, Apple Podcast, dan banyak lainnya. Penasaran bagaimana cara membuat podcast? Yuk simak infonya.

Kalian tentunya bisa menciptakan sebuah podcast sendiri, namun kalian harus memperhatikan apa saja yang harus kalian lakukan sebelum membuat sebuah podcast. Diantaranya adalah :

  1. Merencanakan Tujuan Podcast yang Akan Kalian Ciptakan

Hal pertama yang harus kalian lakukan dalam membuat podcast. Apakah untuk kepentingan bisnis, ataukah hanya untuk sekedar menyalurkan hobi yang kalian miliki. Penting untuk kalian agar nantinya mengidentifikasi “mengapa”, maka nantinya kalain akan tetap termotivasi untuk melanjutkan podcast yang telah kalian buat.

  1. Siapa Audience yang Kalian Tuju?

Setelah kalian mengetahui apa alasan kalian membuat suatu podcast, maka kalian harus mengetahui siapa target audience yang akan kalian dapatkan. Apabila kalian dari basic seorang guru, maka kalian membuat podcast berupa tips and trick bagaimana cara agar murid mengerti pembelajaran yang kita jelaskan di dalam kelas.

Maka target kalian untuk podcast tersebut tentunya para calon guru yang ingin mengetahui bagaimana cara menarik minat para murid untuk tetap enjoy saat belajar, dan tentunya mengerti pelajaran yang sudah dijelaskan oleh gurunya di depan kelas.

Baca Juga: Bidang Profesi Ausbildung

  1. Berikan

Setelah kalian mengetahui siapa audiens yang kalian jangkau, selanjutnya adalah pertanyaan bagaimana kalian dapat menjangkau para target audience? Dan jawabannya adalah kalian harus memberikan suatu alasan mengapa mereka harus tetap mendengarkan konten yang sudah kalian ciptakan dengan harapan dapat bermanfaat bagi para pendengar.

Jangan hanya memberikan alasan mengapa para audiens kalian harus mendengarkan konten yang sudah kalian buat, kalian juga harus bisa memberikan nilai tambah di dalam konten tersebut, agar nantinya para audiens kembali datang lagi untuk mendengarkan podcast kalian.

Misalnya kalian bisa memberikan 10-15 episode yang di akhir setiap videonya akan membuat para audiens penasaran, dan akan meneruskan untuk menonton episode-episode lainnya.

  1. Memberikan Nama di Podcast.

Kalian dapat menamai podcast kalian dengan 3 teknik diantaranya adalah :

  • Clever Name

Apabila kalian memikirkan suatu nama yang sedikit terlihat cerdas, dan berintelek, maka kalian harus memperhatikan salah satu hal ini, yaitu para audiens harus dapat menemukan nama podcast yang mudah diingat, dan mudah untuk dicari juga.

Apabila nama dan konten yang kalian upload memiliki nilai, dan dirasa sangat bagus maka jangan lupa untuk menambahkan deskripsi di dalam judul konten kalian. Bisa kalian bayangkan sungguh sangat di sayangkan konten, judul sudah sangat bagus, namun konten tersebut tidak dapat ditemukan, yang berakibat tidak memiliki audiens sama sekali.

  • Nama yang Menunjukkan Deskriptif

Kalian dapat dengan mudah menamai konten kalian dengan yang biasa dicari oleh para audiens, kalian dapat melakukan survey di kolom search Spotify. Tidak boleh menggunakan nama konten yang bertele-tele.

Selain itu kalian juga disarankan untuk mengucapkan nama podcast kalian setiap saat kalian merekam podcast milik kalian, dengan begitu kalian harus memastikan bahwa nama yang kalian buat mudah untuk diingat, dan mudah untuk kalian ucapkan.

Menggunakan Nama Sendiri, di dalam pendekatan ini disarankan untuk kalian agar dapat membuat nama konten yang baik dengan menggunakan nama kalian sendiri, namun hal yang perlu kalian perhatikan adalah saat kalian menggunakan nama kalian dalam konten atau nama podcast yang kalian miliki.

Namun kalian tidak disarankan untuk menggunakan nama konten kalian setelah kalian nama kalian, misalnya “Curhat Malming Miki”, nantinya orang-orang akan berpikir bahwa siapakah sebenarnya si Miki ini? Apa pentingnya Miki ada di dalam Podcast tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *