Ketika Si Kecil Terjatuh Bag2

Apakah si kecil sudah bisa berdiri sendiri tanpa dibantu? Kalau sudah, inilah saat tepat untuk mulai melatihnya berjalan.  Sebagaimana proses belajar pada umumnya, tentu awalnya tak selalu berjalan mulus. Begitu pula dengan latih an berjalan yang tak jarang diselingi kejadian terjatuh sampai berulang kali. Bagaimana mama-mama tadi menyikapi “kecelakaan” kecil ini bisa menjadi contoh buat kita.

“ info lowongan kerja di Jepang dengan cara magang ke Jepang gratis “ ~ upstory.org ~

“Walaupun Ziggy cukup sering jatuh, untungnya dia enggak trauma dan mau belajar berjalan lagi. Saya selalu berusaha te nang dan terus menye mangatinya sambil mengingatkan anak untuk berhati-hati,” ujar Rhedita. “Tamina juga sering jatuh. Pernah dia terjatuh sampai nangis karena bibirnya berdarah kena kursi. Langsung saya gendong, lalu tetap menyemangatinya dengan bilang, ‘Anak Mama kuat!’ Kalau dia jatuh, sebisa mungkin saya enggak panik apalagi teriak, biar anaknya enggak kaget,” beber Selly.

Sementara Gending, menurut Cinta, tidak berani berjalan sendiri dan selalu minta ditatih. Namun, Cinta dan suami tak henti menyemangati sang buah hati. Bahkan, mereka sampai mencoba memakaikan alat bantu jalan bayi dengan harapan Gending menjadi lebih berani berjalan tanpa dituntun. Sayangnya, alih-alih membantu, alat tersebut justru membuat Gending ketakutan hingga ia semakin enggan untuk belajar berjalan.

Syukurlah, setelah melalui proses yang panjang, putri semata wayang Cinta itu akhirnya mampu berjalan sendiri di usia 16 bulan. Ya, terus memberi semangat dan membantunya berlatih, inilah yang dibutuhkan oleh anak untuk tercapainya kemampuan berjalan sendiri. “Ayo, Nak, kamu pasti bisa!”

Tanda-Tanda Si Kecil Sudah Siap

Mama, inilah beberapa tanda kesiapan anak untuk belajar berjalan sendiri: ? Sudah bisa berguling di lantai (rolling around). ? Sudah bisa melakukan gerakan seperti merangkak tetapi menggunakan kedua telapak tangan dan kedua telapak kaki (bukan lutut) untuk bertumpu (crab walk). ? Sudah bisa bergerak cepat ke sana kemari. ? Sudah bisa menaiki anak tangga menggunakan kedua tangan, diikuti kedua kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *