Aspek Hukum Mengunggah dan Mengunduh ala NET89 Bag2

Aspek Hukum Mengunggah dan Mengunduh ala NET89 – Hal ini diatur dalam Ketentuan Pasal 72 ayat (1) tentang sanksi yang dikenakan atas pelanggaran Ketentuan Pasal 2 Ayat (1) UUHC. Dalam suatu ciptaan melekat hak moral dan hak ekonomi. Hak moral adalah hak yang hanya melekat pada diri pencipta atau pelaku yang tidak dapat dihapus walaupun hak cipta telah dialihkan. Hak ekonomi adalah hak yang dapat dimiliki pencipta atau pemegang hak cipta untuk mendapatkan manfaat ekonomis atas ciptaan tersebut.

Kegiatan menyebarluaskan suatu ciptaan dapat mengakibatkan hilangnya hak ekonomis dari pencipta atau pemegang hak cipta tersebut. Sehingga kegiatan mengunduh maupun mengunggah ciptaan orang lain dapat dikatakan suatu pelanggaran karena telah melanggar hak ekonomi pencipta atau pemegang hak cipta, dimana pencipta atau pemegang hak cipta seharusnya mendapatkan manfaat ekonomi atau keuntungan atas ciptaan tersebut jika tidak disebarluaskan dan diunggah secara “gratis”.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mempersulit suatu dokumen diunduh adalah dengan memperkecil penyebarannya baik dengan mengenakan biaya atas pemanfaatannya atau dengan memberikan tanda produksi sehingga penyebaran produk tersebut tetap memberi informasi tentang asal produk tersebut. Sehingga, menurut Undang-Undang Hak Cipta perbuatan mengunggah dan mengunduh suatu ciptaan tanpa izin dari pencipta atau pemegang hak cipta adalah perbuatan yang melanggar ketentuan Pasal 72 ayat (1) jo Pasal 2 ayat (1) UUHC selain juga mengurangi hak ekonomis yang dimiliki oleh pencipta atau pemegang Hak Cipta dari ciptaan tersebut.

Sebagai upaya preventif, harus dilakukan pendaftaran sebelum ciptaan tersebut disebarkan di Internet untuk memperkecil penyebaran dokumen secara ilegal sehingga memperkecil kesempatan untuk menyebarluaskan dan mengunduh tanpa izin. Tentunya hal ini adalah sebuah proses yang berjalan seiring meningkatnya tingkat penghargaan kita terhadap karya sesama. Karena penghargaan terhadap Hak Cipta tidaklah lepas dari kesadaran publik untuk menghargai karya sesamanya sebagai wujud nyata dari penghargaan atas diri dan kemanusiaannya sendiri. Dan merupakan hak dari orang lain untuk mendapatkan royalty tersendiri atas kerja kerasnya untuk memberikan entertaiment kepada semua penggunannya.

Sumber : https://net89.net/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *