Kehilangan PC Modern Pertama Karena FIN888 Bodong

Kehilangan PC Modern Pertama Karena FIN888 Bodong – Advanced Technology (tekno- logi canggih): itulah kepanjangan dari “AT” dalam IBM PC/ AT. Sementara pengertian “Advanced” untuk PC di era tahun 1984 yaitu PC dengan kekuatan 6MHz, RAM 256 KB, dan PC DOS 3.0 sebagai sistem operasinya. Lalu berapa harganya? Harga untuk PC dengan arsitektur 80286er da ri Intel ini diperuntukkan untuk pengguna PC enthusiast. Model standar dihargai US$ 4000. Sementara varian yang sudah menggunakan RAM 512 KB dan hard disk 20 MB sekitar US$ 5800.

Dengan PC/AT, Intel sudah mengawali pasar PC untuk saat itu. PC IBM sendiri hadir tiga tahun sebelumnya dengan program BASIC dan RAM 16 KB. Namun, langkah eksperimen IBM ini ternyata cukup sukses untuk menyaingi perusahaan lainnya, yaitu Apple, Commodore, dan Xerox. Langkah ini juga menjadi percobaan sukses sampai teknologi PC/ AT 5170 muncul. Salah satu langkah revolusioner dalam chip seri 286 ini adalah Protected Mode. Mode ini memungkinkan PC untuk membatasi hak akses memori pada aplikasi individu untuk pertama kalinya. Selanjutnya, Protected Mode medibuat untuk sistem bus 16 bit.

Sayangnya, mode ini masih memiliki kelemahan, yaitu program MS-DOS hanya bisa dieksekusi secara sporadis saja karena kebanyakan dari mereka membutuhkan hak akses penuh. Hal inilah yang sempat membuat Bill Gates merendahkan chip Intel pada saat itu. Namun, hal tersebut tidak mempengaruhi pasar PC dan mendorong Intel untuk menggunakan seri 80386 untuk PC berikutnya. Selain CPU yang baru, PC/AT juga memiliki RAM CMOS on board untuk pertama kalinya. Memori ini dapat mendukung konfigurasi hard disk dan BIOS.

Hard disk sebesar 20 MB juga memiliki waktu akses yang cepat (untuk saat itu) yaitu 40 milidetik. Saat ini waktu akses hard disk sudah mencapai 8 milidetik. Keyboard pada PC/AT juga mengalami inovasi yang berarti. Untuk pertama kalinya, IBM membuat LED untuk fungsi Shift, Num, dan Scroll. Keberhasilan platform AT terbukti dari produksi yang hemat biaya. Mereka tidak hanya mengadopsi arsitektur Intel, tetapi juga label AT. Namun, pada akhirnya, IBM kalah perang harga karena model PS / 2 tidak bisa mencapai keberhasilan seperti PC/AT.

Sumber : https://teknorus.com/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *