Tip Pascasesar

Ada banyak alasan yang menyebabkan seorang mamil harus melahirkan melalui operasi sesar. Ini, lo, Ma, prosedur dan tahapan persalinan sesar yang penting untuk dipahami. Umumnya, proses pemulihan berjalan selama kurang lebih enam minggu. Ini tip yang dapat Mama lakukan untuk melancarkan proses pemulihan.

Baca juga : ausbildung jerman

Upayakan untuk bangkit dari tempat tidur dan mulai berjalan sedikit demi sedikit dalam waktu 24 jam setelah persalinan, misalnya untuk ke kamar mandi. Alison Edelman, MD, MPH, asisten profesor bidang obgin di Oregon Health & Sciences University di Portland menjelaskan, berjalan membantu melancarkan aliran darah sehingga mengurangi risiko pembekuan darah. Selain itu, bergerak dan berjalan juga akan membantu melancarkan fungsi sistem pencernaan Mama.

Bila kelelahan, segera beristirahat ya, Ma. Jangan memaksakan diri hanya karena berharap dapat cepat pulih. Bagaimanapun juga, Mama baru saja menjalani proses operasi, sehingga membutuhkan waktu khusus untuk kembali pulih. • Hindari mengangkat benda berat. Saat menyusui bayi, posisikan tubuh Mama setengah berbaring atau duduk. • Minum cukup untuk mencegah sembelit atau buang air besar tidak teratur yang merupakan salah satu akibat dari operasi. • Bila sudah pulang ke rumah, hindari melakukan aktivitas berat, naik-turun tangga, serta menyetir sendiri setidaknya seminggu pascapersalinan. Nasihat ini diberikan oleh Henry Lerner, MD, dokter obgin dan instruktur klinis dari Harvard Medical School.

Bersihkan luka sayatan sesuai anjuran tenaga medis, atau bersihkan setiap hari dengan air hangat dan sabun, lalu segera keringkan dengan kain bersih. Balut luka dengan kain kasa agar tidak bergesekan dengan pakaian. Ganti kain kasa setiap hari dan jaga agar area luka tetap kering. • Waspadai timbulnya infeksi pada luka sayatan. Tanda-tanda munculnya infeksi antara lain: – Irisan luka berwarna merah, bengkak, atau mengeluarkan cairan atau berdarah. – Mama mengalami demam hingga lebih dari 38 derajat Celsius. – Terasa sakit yang semakin kuat alih-alih berkurang pada area bekas sayatan. – Keluar darah dari vagina.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.