Tips Olahraga Yoga Saat Hamil

Yoga adalah olahraga pernapasan yang dipadukan dengan gerak. Manfaat yoga, antara lain: dapat mengurangi ketegangan, melemaskan otot, membantu Mama hamil bernapas dengan lebih baik, menenangkan pikiran sehingga terhindar dari stres, melenturkan persendian, serta mengurangi nyeri dan pegal. Jika rutin berlatih yoga, Mama dapat menjalani persalinan normal dengan mudah dan lancar karena yoga membuat Mama terampil mengolah napas sehingga dapat mengejan secara benar. Banyak sekali gerakan yoga namun untuk Mama hamil pastilah instruktur akan memilih yang cocok dan aman bagi kehamilan, lebih halus dan berirama, dengan mengutamakan pernapasan dan relaksasi otot tubuh.

Misalnya, Mama diminta duduk bersila di atas matras, posisikan tangan lurus ke bawah dan letakkan kedua telapak tangan di atas lantai. Kemudian, tarik napas dalam-dalam dan embuskan perlahan, lakukan berulang kali. Gerakan ini bisa dikombinasikan dengan gerakan tangan ke atas sambil menarik napas dan keluarkan atau kombinasikombinasi lain. Namun ingat, selalu konsultasikan lebih dahulu dengan dokter sebelum Mama hamil melakukan yoga. Bagaimanapun, tidak semua Mama hamil boleh melakukan gerakan yoga, yakni Mama hamil yang memiliki masalah, semisal adanya riwayat perdarahan, keguguran, persalinan prematur, dan lainnya. Jika ternyata kondisi Mama dan kehamilannya baik-baik saja dan dokter pun mengizinkan Mama berlatih yoga, maka pilihlah tempattempat yoga yang memang menyelenggarakan program yoga untuk kehamilan dengan instruktur yang berserti kat di bidang tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published.