kursus toefl di jakarta

Strategi Mendapatkan Skor TOEFL Tinggi

Sebelum mempersiapkan TOEFL ada baiknya kamu memiliki kemampuan bahasa inggris yang memadai. Semakin kamu memahami bahasa inggris maka ada harapan untuk kamu mendapatkan skor TOEFL tinggi. Melakukan persiapan untuk TOEFL dimulai sejak memutuskan untuk melanjutkan kuliah atau mengambil beasiswa dan melamar pekerjaan.

“ rekomendasi tempat kursus TOEFL di Jakarta terbaik “ bersama avana education

Mengikuti tes TOEFL harus memiliki strategi dan tips yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan skor TOEFL yang maksimal. Yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mencoba untuk menyelami bahasa Inggris lebih mendalam. Contohnya, dengan menonton TV berbahasa inggris, film, mendegarkan streaming radio bahasa inggris serta membaca berbagai teks bacaan bahasa inggris.

Kamu juga harus meningkatkan pembendaharaan kosa kata untuk memudahkan menjawab soal saat mengikuti tes TOEFL. Kamu juga harus mampu untuk mengetahui sisi lemah pada dirimu dan berusaha untuk memperbaikinya. Misalnya saja, kamu merasa lemah pada sesi writing, mulailah dari sekarang coba untuk menulis lebih dari yang sebelumnya dan coba untuk menuliskan dalam bahasa inggris.

Memiliki manajemen waktu belajar yang baik sangat dibutuhkan. Cobalah untuk mengurangi waktu main atau hangout bersama teman dan lebih fokus lagi pada materi TOEFL. Mulai saat ini belajarlah untuk mendengarkan serta membaca petunjuk yang diberikan pada masing-masing bagian komponen TOEFL dengan hati-hati dan cermat.

Cobalah untuk menuliskan catatan dalam setiap perkembangan belajar kamu. Banyak yang berpendapat bahwa tes TOEFL merupakan tes yang sulit serta terdapat banyak soal yang mengecohkan. Waktu yang diberika juga sangat singkat, dalam waktu 130 menit kamu harus mengerjakan 140 soal serta menuliskan essay dalam 30 menit dengan jumlah minimal 300 kata.

Kamu harus konsentrasi yang maksimal pada saat ujian listening karena percakapan yang diperdengarkan sangat singkat, sering tidak jelas, dan hanya diputar satu kali saja. Pemahaman kamu mengenai kosa kata bahasa inggris sangat berperan penting. Kamu juga harus berhati-hati dengan tipe soal jebakan.

Pembuat soal tes TOEFL sering kali menggunakan pengecoh yang membuat jawaban salah seakan-akan terlihat benar. Maka dari itu kamu harus memahami soal berserta jawabannya dengan baik. Jangan sampai kamu terjebak oleh pengecoh dalam soal.

Kamu harus bisa mengenali apa saja kemampuan yang diujikan dalam tes TOEFL, jangan sampai kamu mempelajari semua materi bahasa inggris, karena itu tidak akan efektif dalam menghadapi tes TOEFL. Yang perlu kamu ketahui bahwa topik ujian TOEFL biasanya didasarkan dengan sejarah Amerika Serikat dan negara lain dimana bahasa inggris digunakan sebagai bahasa dalam berkomunikasi.

Dalam TOEFL anggaplah masing-masing kemampuan memiliki porsi yang sama, sehingga kamu bisa mempelajari keempat kemampuan itu dengan hati dan seimbang. Luangkan waktu lebih untuk mempelajari kemampuan yang kamu rasa sangat kurang.

Wajib hukumnya untuk memperhatikan prosedur-prosedur pelaksanaan tes. Pastikan semua yang kamu butuhkan dalam tes sudah dipersiapkan dan dibawa pada hari pelaksanaan tes. Dokumen yang perlu dipersiapkan formulir pendaftaran, kartu identitas, nomor tes, pena, pensil, dan penghapus.

Belajar tes TOEFL secara otodidak atau mengikuti preparation untuk mendapatkan Skor TOEFL Tinggi?

Kamu bisa memilih untuk mempelajari tes TOEFL secara mandiri atau mengikuti les preparation. Jika kamu memilih untuk belajar secara mandiri kamu harus memiliki bahan untuk belajar yang tepat. Sangat penting bagi kamu mencari ataupun mendownload materi uji yang tepat untuk persiapan belajar yang memadai.

Carilah bahan belajar yang dapat diandalkan untuk melengkapi belajar TOEFL. Jangan lupa mencari bahan yang memberikan soal latihan beserta kunci jawaban untuk pemahaman saat belajar. Yang penting dalam memilih bahan uji materi TOEFL adalah materi belajar tersebut mampu memecahkan pertanyaan yang berbeda pada masing-masing tes.

Banyak forum online yang menyediakan ruang untuk mempelajari tes melalui interaksi satu sama lain untuk berbagi masalah dan solusi terkain tes TOEFL. Latihan menjawab pertanyaan merupakan kunci belajar dari ujian ini. Dengan banyak berlatih menjawab soal, kamu akan memahami karakteristik setiap soal yang ada.

Pasti kamu bertanya, apa yang harus dipertimbangkan saat memilih materi persiapan TOEFL? Yang harus diperhatikan pertama kali adalah kelengkapan isi. Sebelum kamu mendownload materi, pastikan dulu bahan persiapan tersebut mengandung analisis yang mendalam dari berbagai tes. Setiap bagian biasanya terdapat latihan praktek, kunci jawaban, tips dan teknik untuk menjawab pertanyaan.

Yang kedua yang harus diperhatikan adalah perangkat tools. Coba untuk mencari add-ons saat ini mendownload latihan soal. Add-ons merupakan alat untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan. Bahan latihan yang bagus biasanya memiliki perangkat lunak online atau software, yang memungkin kamu untuk memutar ulang audio listening untuk mengetahui kesalahan. Jika kamu memilih untuk belajar secara otodidak, coba untuk melakukan hal berikut :

Baca buku panduan tes TOEFL secara mandiri

Point ini merupakan kunci utama untuk melakukan persiapan TOEFL secara otodidak. Saat belajar mandiri, kamu dituntut untuk benar-benar mandiri dan tidak tergantung pada orang lain, kamu akan menemukan kesulitan dan harus memecahkan kesulitan tersebut sendiri.

Jangan berkecil hati, ada beberapa buku yang telah menyertakan review untuk memudahkan dalam belajar, biasanya juga buku panduan tes TOEFL disertai dengan jawaban dan penjelasannya. Dengan ada penjelasan memudahkan kamu untuk memahami soal.

Kebanyakan buku panduan tes TOEFL ditulis dalam bahasa inggris, jadi kamu diharuskan untuk memiliki pemahaman dasar bahasa inggris yang bagus sehingga memudahkan untuk memahami isi buku tersebut.

Bisa juga belajar menggunakan buku-buku panduan TOEFL dalam bahasa Indonesia tetapi disarankan setelah mempelajari buku-buku panduan TOEFL dalam bahasa Indonesia, perlu juga mencoba untuk mempelajari buku panduan dalam bahasa inggris. Minimal mengerjakan soal latihannya.

Baca artikel-artikel dan panduan online tentang TOEFL

Sambil mempelajari buku panduan persiapan TOEFL, kamu juga bisa menambah wawasan, tips dan trik, atau tulisan-tulisan yang berkaitan tentang cerita pengalaman seseorang yang telah mengikuti tes TOEFL. Atau kamu coba untuk membaca artikel peningkatan motivasi belajar untuk persiapan tes TOEFL. Karena tantangan belajar sendiri terkadang akan kehilangan semangat belajar.

Membuat blog dalam bahasa Inggris

Banyak manfaat yang didapatkan saat membuat blog dalam bahasa inggris, kamu bisa berlatih untuk menyusun kata menjadi kalimat yang sempurna. Latihan ini berfungsi saat kamu akan mengambil tes TOEFL iBT. Karena saat mengikuti ujian, kamu diharuskan untuk menuliskan essay pada sesi writing.

Menulis dalam bahasa inggris juga dapat melatih penggunaan structure/grammar secara benar. Ketika membuat tulisan dalama bahasa inggris, semua materi structure akan teraplikasikan secara langsung.

Gabung ke Grup Facebook TOEFL dan Grup Facebook Belajar Bahasa Inggris

Saat ini facebook merupakan media social yang banyak dipakai masyarakat. Facebook memiliki fasilitas untuk membuat group. Kamu bisa mencari group facebook yang khusus untuk berdiskusi mengenai TOEFL ataupun belajar bahasa inggris.

Dengan facebook kamu bisa berinteraksi dengan anggota lain, bisa saling sharing mengenai TOEFL dan berbagi tips and trik untuk mengerjakan soal ujian. Dengan saling berbagi akan menjadi diskusi yang bisa menimbulkan rasa semangat untuk terus belajar. Biasanya didalam group, dianjurkan untuk menggunakan bahasa inggris sehingga dapat memacu kamu untuk membiasakan diri menggunakan bahasa inggris baik dalam berinteraksi maupun dalam belajar.

Chatting dengan menggunakan bahasa Inggris

Point ini masih ada hubungannya dengan point nomor 4, berawal dari facebook kamu bisa mencari teman untuk mengembangkan kemampuan bahasa inggris dengan mengajak chating dengan menggunakan bahasa inggris.

Yang perlu dikhawatirkan, dalam chating jangan menggunakan bahasa inggris slank. Berusahalah menggunakan bahasa inggris yang sesuai dengan structure dan grammar yang benar. Hal ini akan melatih kamu untuk membiasakan diri dengan penggunaan bahasa Inggris standar sesuai dengan yang telah dipelajari dalam materi tes TOEFL.

Nonton video di youtube yang berhubungan dengan Bahasa Inggris

Saat ini di youtube, banyak video yang berkaitan dengan proses belajar persiapan TOEFL. Dengan menonton diskusi, ceramah atau percakapan bahasa inggris kamu bisa melatih kemampuan listening. Yang menarik, ada beberapa channel yang memberikan pelajaran, tips and trik, serta review mengenai materi yang diujikan pada saat tes TOEFL.

Belajar berbicara dalam bahasa Inggris secara langsung

Saat mengikuti ujian TOEFL, kamu akan diuji keterampilan berbicara. Tips bagian Speaking yaitu dengan terus membiasakan atau berlatih secara berulang dan yang perlu diingat, modal dasar dari speaking adalah rasa percaya diri. Tidak perlu ragu, takut salah, atau malu untuk berbicara bahasa inggris. Salah satu cara yang ampuh untuk mempelajari speaking adalah dengan membentuk kelompok belajar berbicara bahasa inggris.

Bagi kamu yang tidak bisa belajar secara otodidak, lebih baik mengikuti les preparation. Keuntungan lain saat mengikuti preparation adalah bertemu dengan teman yang bisa saling memotivasi untuk mendapatkan skor TOEFl yang tinggi. Kamu juga bisa saling sharing mengenai tips and trik menjawab soal reading dan listening bahkan saling cerita tentang tujuan universitas yang ingin dituju.

Dengan mengikuti les preparation juga bisa melatih speaking, karena kamu diwajibkan berbicara bahasa inggris saat berada dalam kelas preparation. Kamu tidak perlu takut salah untuk mengucapkan bahasa inggris karena ada teman yang akan membantu. Dengan ikut serta dalam kelas preparation juga dapat sharing mengenai tulisan yang kamu buat dalam bahasa inggris. Misalnya, kamu dan teman saling mengoreksi latihan essay yang kalian buat.

Tetapi jangan sembarangan memilih preparation, karena preparation sangat penting bagi kamu. Saat kamu sudah memutuskan memilih satu tempat les, sama saja kamu menggantungkan harapan nilai TOEFL yang tinggi pada tempat tersebut. Berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih tempat TOEFL preparation yang tepat :

Hati-hati dengan tempat preparation yang bergaransi

Saat ini banyak les preparation yang menjanjikan nilai tinggi dengan garansi tertentu. Biasanya tempat preparation seperti ini akan mengenakan bayaran yang mahal dan jam belajar yang lama. Jarangan sekali orang yang mengambil garansi les disuatu tempat karena keterbatasan waktu, lokasi dan jarak yang jauh.

English Placement Test (EPT) secara Gratis

Banyak juga tempat preparation yang memberikan EPT secara gratis. Sebenarnya EPT digunakan untuk memberikan informasi tentang kelemahan dan kelebihan bahasa inggris seseorang tetapi banyak yang menggunakannya sebagai trik marketing. Dengan adaanya hasil EPT yang benar, kamu dapat mengetahui kemampuan English kamu sampai dimana. Hasil EPT dapat menjadi acuan dalam belajar bahasa inggris.

Teacher

Selain latihan, yang menjadi kunci keberhasilan dalam mengikuti preparation TOEFL adalah kualitas pengajarnya. Pengajar yang baik bisa mengarahkan kemampuan muridnya dengan waktu yang singkat untuk mencapai skor TOEFL yang maksimal. Jangan ragu untuk menanyakan kualitas pengajarnya. Akan lebih baik bila kita diajarkan oleh guru yang sudah pernah mengikuti tes TOEFL.

Ada beberapa tempat yang mengadakan les preparation tetapi menggunakan guru yang belum pernah mengikuti tes TOEFL. Hal tersebut tidak baik, walaupun pengajar memiliki kemampuan bahasa inggris yang bagus belum tentu dia bisa mengajarkan TOEFL dengan baik. Karena mengajar bahasa inggris secara umum berbeda dengan mengajarkan TOEFL preparation.

Lebih bagus lagi, jika tempat preparation tersebut membuat program agar pengajar selalu mengikuti tes TOEFL secara berkala, sehingga mereka tidak akan tertinggalan format tes terbaru karena selalu up to date.

Buku yang Digunakan

Jangan malu untuk menanyakan sumber buku yang dipakai untuk mengajar. Jika tempat tersebut menggunakan buku import, hal ini menunjukkan bahwa tempat tersebut serius untuk memperhatikan kualitas kurikulum yang diajarkan kepada siswanya.

Saat memilih tempat preparation tes TOEFL yang paling penting adalah bertanya. Jangan sampai kamu salah memilih tempat preparation, karena banyak tempat yang hanya mencari keuntungan saja.

Untuk kamu yang tinggal di wilayah Jakarta dan sedang mencari tempat preparation terbaik, coba untuk mengunjungi Westwood Prep. Tempat ini menyediakan preparation untuk TOEFL, IELTS, GMAT, GRE, SAT, ACT dan TOICE. Keuntungan mengikuti tes preparation ditempat ini, kamu akan diajarkan dengan native speaker.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.