Air Penyiram Tidak Deras

Air yang keluar dari flush (penyiram) kloset rumah saya tidak deras. Kira-kira apa penyebabnya dan bagaimana solusinya? Yuliana Gultom, Pondok Gede.

Air penyiram tidak deras bisa jadi karena ada kotoran yang menyumbat saluran air. Kotoran ini bisa dibersihkan menggunakan cairan pelarut mineral yang bisa dibeli di supermarket.

Masalah tersebut bisa disebabkan sistem mekanis yang terdapat pada flush bermasalah. Anda harus mengecek tali atau rantai pengait jika jenis flush-nya yang bertuas, kemudian cek juga bagian karetnya, lalu tes bagian tombol jika jenis flush-nya yang bertombol. Caranya, buka tutup penyimpanan air dan temukan bagian yang mengalami kerusakan.

Bila kerusakan terjadi di flapper (terletak di bagian tengah bawah penyimpanan air) yang berfungsi untuk membuka bejana penyimpanan air untuk disalurkan ke area pembuangan kotoran, lepaskan karet flapper dan ganti dengan yang baru. Bila kerusakan terjadi di katup pengisi air yang berfungsi sebagai pengatur masuknya air ke penampungan, cari segel karet yang terletak dibagian dalam, kemudian keluarkan dan ganti dengan yang baru. Bila kerusakan disebabkan oleh tombol macet, tuas patah, tali rantai putus atau tersangkut, solusinya lakukan penyambungan dengan alat yang sekiranya bisa memperbaiki. Jika permasalahan masih saja terjadi maka ganti dengan yang baru dengan sistem mekanis yang sama.

Air Merembes

Ada air merembes dari selang penyiram kloset saya, bagaimana solusinya?

Kalau yang dimaksud selang fleksible, ada kemungkinan selang tersebut sudah ada keretakan yang mengakibatkan bocor (sealing pad ) dari selang tersebut sudah keras atau kurang kencang pemasangannya. Periksa bagian tersebut, apabila terjadi kerusakan harus diganti dengan yang baru.

Sedikit permasalahan pada perabot di rumah memang sangat tidak menyenangkan dan membuat tidak nyaman. Seperti halnya apabila sering terjadi pemadaman listrik dari PLN. Kenyamanan di rumah menjadi terganggu ketika sedang bersama dengan anggota keluarga. Untuk itulah dibutuhkan sebuah genset untuk rumah tangga. Untuk mendapatkan genset dengan harga yang murah bisa membelinya melalui Distributor jual genset 500 Kva di Yogyakarta. Satu-satunya adalah PT. Rajawali Indo yang memberikan harga diskon di setiap pembelian unit baru.

This entry was posted in Rumah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *