Categories
Tekno

Kiprahnya Terdengar Hingga Luar Negeri Bagian 2

Seminar yang membahas tentang pesawat tanpa awak ini cukup sukses digelar. Dengan bekal seminar ini, mereka berhasil mengajak seorang Endri Rachman yang sudah lama menjadi sorang peneliti dan dosen di luar negeri (Malaysia dan Jerman) balik ke Indonesia dan selanjutnya mendirikan industri UAV di Indonesia, tepatnya di kota Bandung. Dari UAV ini juga para anggota komunitas mencoba mengaplikasikan teknologi robot yang mereka punya ke teknologi Aerial Videography.

Melalui sebuah proyek Quadcopter, komunitas ini memperkenalkan sebuah drone yang dapat digunakan untuk meliput sebuah kejadian dari udara. Saat itu, proyek ini sempat menjadi trending topic di Twitter dengan hashtag #Quadcopter. Tidak hanya nasional, komunitas ini ternyata berhasil menyebarkan virus robot di negara tetangga, Malaysia.

Mereka bahkan berhasil menyeleggarakan sebuah event International Islamic School Robot Olympiad di Kuala Lumpur pada tahun 2013. Mereka cukup bangga dengan event ini karena murni dirancang dan diprakarsai oleh Komunitas Robot Indonesia. Bahkan menurut ketuanya, Adhiatmo Rahardi, “Komunitas Robot Indonesia menjadi pioneer teknologi robot di Malaysia”.

Ke depannya mereka akan membuat dan menyelenggarakan acara sejenis di negara lainnya seperti thailand, Singapura, Brunei, dan Filipina. Selain itu, para anggota komunitas ini juga tengah berusaha untuk membuat robot-robot industri yang digunakan untuk kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia. Dengan begitu, masyarakat Indonesia tidak lagi bergantung pada teknologi robot dari luar dan ridak hanya menjadi operator, tetapi juga mampu berkiprah dalam hal industri robot.

Fakta seputar grup robot

? Didirikan 21 Maret 2011 ? Adhiatmo Rahardi bersama delapan rekan yang memiliki visi sama menjadi orang-orang pertama di balik keberadaan Komunitas Robot ini. ? Di halaman Facebook, Grup ini telah memiliki lebih dari 12000 anggota. ? Komunitas ini mampu menyebarkan virus robot di negara Malaysia. Target berikutnya adalah negara-negara Asia lainnya, seperti Singapura dan Filipina. ? Setelah berjuang selama tiga tahun, robotika akhirnya menjadi kurikulum di berbagai sekolah di Indonesia, baik sebagai intrakulikuler maupun ekstrakulikuler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *