Terhentinya Proses Pembangunan Bagian 2

Sebagai Alternatif, terhadap sengketa di pengadilan antara developer kepada pihak ketiga, Bapak dapat masuk sebagai pihak ketiga di dalam persidangan untuk membela kepentingannya sendiri (tussenkomst). Selain itu, Bapak juga dapat mengajukan gugatan baru terhadap permasalahan yang dihadapi. Pak Adrian dalam hal ini dapat menuntut kepada pihak developer untuk memenuhi persetujuan ataupun menuntut pembatalan persetujuan dengan penggantian biaya, kerugian, dan bunga.

Hal tersebut sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1267 KUHPer, yang menyatakan bahwa: ”Pihak yang terhadapnya perikatan tidak dipenuhi, dapat memilih; memaksa pihak yang lain untuk memenuhi persetujuan, jika hal itu masih dapat dilakukan, atau menuntut pembatalan persetujuan, dengan penggantian biaya, kerugian dan bunga.” Perbuatan developer yang melanggar hukum dan membawa kerugian kepada pembeli, mewajibkan developer yang menimbulkan kerugian itu karena kesalahannya untuk menggantikan kerugian tersebut. Developer juga bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan kelalaiannya.

Langkah awal dalam menyelesaikan sengketa dapat diawali dengan penagihan. Penagihan tersebut dilakukan secara resmi dengan surat tertulis. Penagihan disini berfungsi sebagai peringatan dini bahwa hak Bapak telah diabaikan. Apabila penagihan tidak mendapat perhatian, atau mendapat perhatian tetapi tidak cukup memuaskan, Bapak dapat melakukan teguran yang lebih keras melalui somasi. Peneguran ini berarti Bapak menuntut secara langsung hak Bapak kepada lawan bisnis disertai ancaman penyelesaian secara hukum.

Bentuknya dapat berupa gugatan perdata atau laporan pidana. Teguran tersebut sebaiknya masih disertai dengan ajakan damai berdasarkan musyawarah mufakat. Jika tidak tercapai, pihak yang dirugikan dapat mengajukan gugatan melalui pengadilan didasarkan pada cedera janji (wanprestasi) atau di luar pengadilan berdasarkan pilihan yaang disepakati para pihak yang bersengketa melalui alternatif penyelesaian sengketa. Demikian saya sampaikan, semoga penjelasan singkat di atas dapat membantu Bapak dalam menyelesaikan masalah.

Hal penting dalam sebuah rumah adalah pasokan listrik yang stabil agar kenyamanan rumah bisa dinikmati terus menerus. Untuk itulah dibutuhkan adanya sebuah genset di rumah tangga. Sedangkan jika ingin mendapatkan harga genset yang murah bisa membeli dari Suplier Jual genset Jakarta yang memberikan garansi serta diskon harga.

This entry was posted in Rumah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *